2021-09-03 14:44:29

BERITA HARIANJOGJA | JUMAT, 20 AGUSTUS 2021

Harianjogja.com, JOGJA-Pemerintah resmi mengatur tarif baru untuk polymerase chain reaction atau PCR. Salah satu tes Covid-19 yang selama ini dikenal paling mahal ini kini harganya mulai turun.

Diberitakan Harianjogja.com sebelumnya, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Abdul Kadir mengumumkan batasan tarif tertinggi tes PCR diturunkan.

“Batasan tarif tertinggi tes PCR diturunkan Rp495.000 untuk Jawa dan Bali serta Rp525.000 untuk di luar Jawa dan Bali,” kata Abdul dalam konferensi pers secara virtual, Senin (16/8/2021).

Layanan kesehatan baik rumah sakit, klinik, maupun laboratorium kesehatan yang menyediakan layanan tes PCR langsung mengikuti keputusan tersebut, salah satunya Hi-Lab Diagnostic Center.

Bertepatan dengan perayaan HUT RI ke-76, Laboratorium di Jl. Yos Sudarso No. 27, Kotabaru, Kota Jogja ini meluncurkan harga baru untuk tes swab PCR dan tes swab Antigen yang lebih terjangkau. Kini, biaya Swab PCR di Hi-Lab menjadi Rp490.000 dan Swab Antigen menjadi Rp125.000. Untuk Swab PCR, hasilnya bisa diperoleh di hari yang sama (same day result) untuk pengambilan sampel maksimal pukul 14.00 WIB. Sementara untuk swab Antigen, hasil bisa diperoleh dalam waktu 1 jam.

Masyarakat yang ingin melakukan tes swab PCR maupun antigen di Hi-Lab bisa mendaftar secara online dengan mengunjungi covidcenter.hilab.co.id. Masyarakat juga bisa memilih sendiri waktu tes yang diinginkan. Waktu tes yang tersedia sangat fleksibel, dimulai dari pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Hasil Swab Hi-Lab Diagnostic Center sudah terdaftar di New All Record (NAR) sebagai Laboratorium Jejaring Pemeriksa Covid-19. Setiap hasil swab test yang dilakukan di Hi-Lab akan terupdate secara otomatis di paspor digital yang bisa diakses di website pedulilindungi.id atau di aplikasi PeduliLindungi. Pada hasil swab akan terlampir QR code yang bisa discan oleh petugas di bandara.

General Manager Hi-Lab Diagnostic Center, dr. Ferni Pangkey, MARS, menyampaikan untuk mengantisipasi lonjakan pasien yang akan melakukan tes Covid-19 tersebut, Hi-Lab memperketat protokol kesehatan. Semua pasien yang berkunjung wajib menggunakan masker. Pemeriksaan pasien Covid-19 ini juga dilakukan di area terpisah. Beberapa tempat cuci tangan dan hand sanitizer juga ada di berbagai titik.

Petugas selalu menggunakan APD lengkap dalam pelayanan dan mengutamakan keamanan dengan selalu menyemprot disinfektan dan mengganti sarung tangan setiap pergantian pasien. "Bisa dipastikan benar-benar steril dan aman," tutur Ferni, Jumat (20/8/2021).  

Ia mengatakan, pengambilan sampel di Hi-Lab dilakukan di ruangan terpisah dengan sirkulasi udara terbuka tanpa AC karena virus Corona lebih mudah menular di ruangan tertutup yang ber-AC.

Hingga saat ini, Hi-Lab memiliki kapasitas tes PCR hingga 1.400 orang per hari. "Semoga kapasitas ini bisa membantu mempercepat proses tracing pasien Covid-19," kata dia.

Layanan Lain

Selain peluncuran harga baru, Hi-Lab Diagnostic Center juga merilis layanan Travelling PCR Express. Travelling PCR Express merupakan layanan tes swab PCR yang hasilnya bisa diperoleh hanya dalam kurun waktu 5 jam saja dengan biaya Rp750.000. Layanan yang cepat dan nyaman ini sangat memudahkan masyarakat yang menginginkan hasil tes dengan cepat dan tanpa antri.

Berbagai layanan yang tersedia di Covid Test Center Hi-Lab merupakan salah satu upaya yang dilakukan Hi-Lab Diagnostic Center untuk menyukseskan program 3T, yaitu Test, Tracing dan Treatment. Kemudahan yang ditawarkan Hi-Lab ini diharapkan membantu masyarakat dalam mendeteksi dan melokalisir penyebaran Covid-19 sehingga pandemi ini dapat segera teratasi.

Link Berita : https://m.harianjogja.com/ekbis/read/2021/08/20/502/1080557/harga-tes-pcr-rp490000-hi-lab-perketat-prokes-untuk-antisipasi-lonjakan-pasien

Hi-SpeedCommitted to give fast lab results
Hi-TechEquipped with the most advanced equipments
Hi-QualitySimply the best for your health
Call us anytime0274 557722